Kamis, 23 Maret 2017

MEMBUAT ANIMASI DENGAN MENGGUNAKAN POWERPOINT

Nama   : Byancha Rizka Mulyanti
Npm    : 12114256
Matkul : Peng. Animasi dan Design Grafis

ABSTRAKSI

Makalah ini membahas tentang pengertian animasi, jenis-jenis animasi, dan bagaimana cara membuat animasi.

PENDAHULUAN

Pengertian Animasi
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannya sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.

Jenis Jenis Animasi
Terdapat beberapa jenis animasi yang ada saat ini, jenis jenis ini menghasilkan animasi yang berbeda-beda dan kualitas yang berbeda pula. Pemilihan jenis animasi tergantung kepada kebutuhan. Berikut ini jenis-jenis animasi tersebut:
·  Motion Path: Motion Path adalah jenis animasi untuk sebuah simbol yang bergerak mengikuti suatu lintasan.
·  Animasi Marque: Animasi ini bisa kita temukan di website-website menampilkan barisan teks yang berjalan dari sisi kanan ke sisi kiri atau sebaliknya.
· Animasi Fade: Kita sering melihat animasi sebuah objek dari semula utuh lalu lambat laun memudar dan menghilang, jenis animasi semacam ini disebut animasi fade.
· Animasi Rotasi: Sesuai dengan namanya, objek dibuat bergerak memutar, seperti animasi jam, model kincir, putaran roda, dan lain-lain. Arahnya bisa searah jarum jam (CW: Clock Wise) atau berlawanan dengan jarum jam (CCW: Counter Clock Wise).
·  Animasi Blink: Jenis animasi ini objek dibuat berkedip seperti bintang antau lampu disco.
· Animasi Shape: Animasi Shape adalah animasi perubahan bentuk dari semula objek menjadi text atau sebaliknya.
· Animasi Masking: Animasi Masking adalah jenis animasi yang bergerak menutupi objek.


PEMBAHASAN

Berikut adalah tahapan-tahapan pembuatan animasi menggunakan Microsoft Power 
Point.

1.      Siapkan satu slide dengan layout empty.


2.      Sisipkan gambar background, dengan cara klik insert lalu klik picture kemudian pilih gambar yang ingin dijadikan background.


3.      Setelah itu, sisipkan gambar lagi untuk dijadikan objek atau gambar yang bergerak.


4.   Klik pada objek lalu pilih menu Animations dan pilih effectnya. Setelah itu tentukan waktu dan klik pada tulisan start lalu pilih with previous agar objek bergerak tanpa perlu diklik terlebih dahulu.


5.      Tambahkan objek lagi dan atur lagi. Setelah itu, klik save lalu simpan dalam format gif atau mp4.


PENUTUP

Animasi dapat dibuat menggunakan powerpoint namun masih sangat sederhana. Animasi juga dibuat dengan penuh ketelitian dalam mengatur waktu dan gerak objek.


Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar