Minggu, 21 Desember 2014

ISD BAB 6 PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT

PELAPISAN SOSISAL
Pengertian Pelapisan Sosial
Pelapisan sosial merupakan gejala yang bersifat universal. Kapanpun dan didalam kelompok masyarakat manapun, Pelapisan sosial pasti ada.
Pelapisan sosial adalah pembedaan antar warga dalam masyarakat ke dalam kelas-kelas sosial secara bertingkat. Wujudnya adalah terdapat lapisan-lapisan didalam masyarakat diantaranya ada kelas sosial tinggi, sedang, rendah.
Pelapisan Sosial merupakan perbedaan tinggi dan rendahnya kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompoknya, bila dibandingkan dengan posisi seseorangmaupun kelompok lainnya. Dasar tinggi dan rendahnya lapisan sosial seseorang itu disebabkan oleh bermacam-macam seperti kekayaan dibidang ekonomi, nilai-nilai sosial serta kekuasaan dan wewenang.

Terjadinya Pelapisan Sosial
1. Terjadi dengan sendirinya
  Proses ini berjalan dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri. Adapun ornag orang yang menduduki lapisan tertentu dibentuk bukan berdasarkan atas kesengajaan yang disusun sebelumnya oleh masyarakat itu tetapi berjalan secara alamiah dengan sendirinya.
2. Terjadinya dengan kesengajaan
  Sistem pelapisan ini disusun dengan sengaja dijukan untuk mengejar tujuan bersama. Didalam pelapisan ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya wewenang dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang. Dengan adanya pembagian yang jelas dalam hal wewenang dan kekuasaan ini, maka didalam organisasi itu terdapat peraturan sehingga jelas bagi setiap orang yang ditempat mana letaknya kekuasaan dan wewenang yang dimiliki dan dalam organisasi baik secara vertikal maupun horizontal sistem ini dapat kita lihat misalnya didalam organisasi pemerintahan, organisasi politik, di perusahaan besar.

perbedaan sistem pelapisan dalam masyarakat

0 komentar:

Posting Komentar