Jumat, 07 November 2014

ISD BAB 3 INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

PERTUMBUHAN INDIVIDU

Pengertian Individu
Individu berasal dari kata Yunani yaitu "Individium" yang artinya "tidak terbagi". Dalam Ilmu sosial paham individu, menyangkut tabiat dengan kehidupan dan jiwa yang majemuk, memegang peranan dalam pergaulan manusia. Individu merupakan kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan bukan sebagai manusia keseluruhan. Maka dapat disimpulkan bahwa manusia yang memiliki peranan khas atau spesifik dalam kepribadiannya.

Pengertian Pertumbuhan
Pertumbuhan adalah proses yang mencakup pertambahan dalam jumlah dan ukuran, keluasan dan kedalaman, dan sekaligus pertambahan pertambahan dalam arti integrasi, saling keterhubungan dan kompleksitas, sedangkan pertumbuhan ekonomi, adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu.

Faktor faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
1. Faktor sumber daya manusia
    Sama halnya dengan proses pembangunan, pertumbuhan ekonomi juga juga dipengaruhi oleh SDM. Sumber daya manusia merupakan faktor yang paling penting dalam proses pembangunan, cepat lambatnya proses pembangunan tergantung kepada sejauh mana suber daya manusianya selaku subjek pembangunan memiliki kompetensi yang memadai untuk melaksanakan proses pembangunan.
2. Faktor Sumber Daya Alam
    Sebagian besar negara berkembang bertumpu kepada sumber daya alam dalam melaksanakan proses pembangunannya. Namun demikian, sumber daya Alam saja tidak menjamin keberhasilan proses pembangunan ekonomi, apabila tidak didukung oleh kemampuan sumber daya manusianya dalam mengelola sumber daya alam yang tersedia.
3. Faktor Ilmu pengetahuan dan Teknologi
    Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin pesat mendorong adanya percepatan proses pembangunan, pergantian pola kerja yang semula menggunakan tangan manusia, digantikan oleh mesin mesin canggih berdampak kepada aspek efisiensi, kualitas dan kuantitas serangkaian aktifitas pembangunan ekonomi yang dilakukan dan pada akhirnya berakibat pada percepatan laju pertumbuhan perekonomian.
4. Faktor Budaya
    Faktor budaya memberikan dampak tersendiri terhadap pembangunan ekonomi yang dilakukan, faktor ini dapat berfungsi sebagai pembangkit atau pendorong proses pembangunan tetapi dapat juga menjadi penghambat pembangunan.
5. Sumber daya Modal
    Sumber daya modal dibutuhkan manusia untuk mengolah SDA dan meningkatkan kualitas IPTEK.

FUNGSI KELUARGA

Pengertian Fungsi Keluarga
Fungsi Keluarga adalah suatu pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan didalam atau oleh keluarga itu.

Macam-macam Fungsi Keluarga
1. Fungsi Biologis
    a. Untuk meneruskan keturunan
    b. Memelihara dan membesarkan anak
    c. Memenuhi Kebutuhan gizi keluarga
    d. Memelihara dan merawat anggota keluarga
2. Fungsi Psikologis
    a. Memberikan kasih sayang dan rasa aman
    b. Memberikan perhatian diantara anggota keluarga
    c. Membina pendewasaan kepribadian anggota keluarga
    d. Memberikan identitas anggota keluarga
3. Fungsi Sosialisasi
    a. Membina sosialisasi pada anak
    b. Membentuk norma-norma perilaku sesuai dengan tingkat perkembangan anak
    c. Meneruskan nilai-nilai budaya keluarga
4. Fungsi Ekonomi
    a. Mencari sumber-sumber penghasilan untuk memenuhi kebutahan keluarga
    b. Pengaturan penggunaan penghasilan keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga
    c. Menabung untuk memenuhi kebutuhan keluarga di masa yang akan datang, misalnya pendidikan
        anak, jaminan hari tua, dan sebagainya.
5. Fungsi Pendidikan
    a. Menyekolahkan anak untuk memberi pengetahuan, membentuk perilaku, anak sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
     b. Memepersiapkan kehidupan anak untuk dikehidupannya yang akan datang
     c. Mendidik anak sesuai dengan tingkat perkembangannya.
6. Fungsi Ekonomis
   Tugas kepala keluarga dalam hal ini yaitu mencari penghasilan, memenuhin kebutuhan keluarga dan memimpin/mengatur keuangan keluarga
7. Fungsi Rekreatif
   Fungsi Rekreatif adalah bagaimana menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga, seperti menonton tv, bermain ps dan lain sebagainya
8. Fungsi Biologis
     Tugas utama keluarga dalam hal ini adalah untuk meneruskan keturunan sebagai generasi penerus
   

INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

Pengertian Keluarga
Keluarga adalah susunan orang-orang yang disatukan oleh ikatan-ikatan perkawinan, darah dan adopsi. Pertalian antara suami dan istri adalah perkawinan dan hubungan antara orang tua dan anak biasanya adalah darah dan kadangkala adopsi.

Pengetian masyarakat
Masyarakat merupakan sejumlah manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan mempunyai kepentingan yang sama. seperti, sekolah, keluarga, perkumpulan, Negara, dan lain sebagainya.

2 Golongan Masyarakat
Dalam Ilmu sosial, kita mengenal ada 2 macam golongan masyarakat, yaitu masyarakat paguyuban dan masyarakat patembayan.

1. Masyarakat Paguyuban
   Paguyuban adalah sistem hubungan masyarakat yang bukan berdasarkan motif ekonomi. Rukun tetangga, rukun warga, perkumpulan ibu-ibu arisan, kegiatan karang taruna, Perkumpulan bapak-bapak main catur dan lain sebagainya.

2. Masyarakat Patembayan
    Patembayan adalah bentuk tertentu kelompok sosial beradasarkan rasional. Definisi lainnya adalah masyarakat yang hubungan antara  anggota yang satu dengan yang lainnya bersifat lugas dan mempunyai tujuan yang sama untuk mendapatkan keuntungan material.

Kelompok masyarakat non industri dan kelompok masyarakat industri
1. Masyarakat non Industri
    Terbagi menjadi 2 kelompok yaitu:
a. Kelompok Primer
    Dalam kelompok primer, interaksi antar anggota terjalin lebih intensif, lebih erat, lebih akrab. Biasa juga disebut dengan kelompok "face to face group", sebab para anggota kelompok sering berdialog, bertatap muka, karena itu saling mengenal kebih dekat, lebih akrab.
b. Kelompok Sekunder
    Antara anggota kelompok Sekunder, terpaut saling hubungan tak langsung, formal, juga kurang bersifat kekeluargaan. Oleh sebab itu, sifat interaksi, pembagian kerja antar anggota kelompok diluar atas dasar pertimbangan-pertimbangan rasional, obyektif.

2. Masyarakat Industri
   Masyarakat yang pembagian kerjanya bertambah kompleks, suatu tanda bahwa kapasitas masyarakat semakin tinggi.

Hubungan antara Individu keluarga dan masyarakat
Makna Individu
Makhluk Individu berarti makhluk yang tidak bisa dibagi-bagi, tidak dapat dipisah dipisahkan antara jiwa dan raganya. Selain itu juga individu manusia mengalami kegembiraan atau kecewa akan terpaut dengan jiwa raganya.

Makna Keluarga
Makna Keluarga termasuk juga dengan pengertian yang terdiri dari ayah, ibu, anak, yang masih terikat dalam hubungan darah dan saling ketergatungan atau membutuhkan satu sama lain.

Makna Masyarakat
Makna masyarakat termasuk juga pengertian masyarakat, yaitu perkumpulan individu-individu. Perkumpulan individu-individu ini digunakan untuk menerangkan komuniti manusia yang tinggal bersama-sama.

Hubungan antara Individu, Keluarga dan masyarakat
Aspek individu, keluarga, masyarakat, adalah aspek-aspek sosial yang tidak bisa dipisahkan. ketiganya mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Tidak akan pernah ada keluarga, masyarakat, apabila tidak ada individunya.

URBANISASI

Pengertian Urbanisasi
Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Persebaran penduduk yang tidak merata antara desa dengan kota akan menimbulkan berbagai permasalahan kehidupan sosial bermasyarakat. Jumlah peningkatan penduduk kota yang ignifikan tanpa didukung dan diimbangi dengan jumlah lapangan kerja, fasilitas umum, aparat penegak hukum, perumahan, penyediaan, pangan danlain-lain.

Proses terjadinya Urbanisasi
a. Faktor penarikan terjadinya Urbanisasi
   1. Kehidupan kota yang lebih modern
   2. Sarana dan prasarana kota lebih lengkap
   3. Banyaknya lapangan pekerjaan di kota
   4. Pendidikan sekolah dan perguruan tinggi lebih baik dan berkualitas

b. Faktor pendorong terjadinya Urbanisasi
   1. Lahan pertanian semakin sempit
   2. Menganggur karena tidak banyak lapangan pekerjaan didesa
   3. Terbatasnya sarana dan prasarana di desa
   4. Memiliki impian yang kuat menjadi orang kaya

0 komentar:

Posting Komentar