Selasa, 05 Mei 2015

ILMU BUDAYA DASAR

BAB 6.MANUSIA DAN PENDERITAAN

Penderitaan
Penderitaan berasal dari kata derita.Kata derita berasal dari bahasa Sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung.Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan.penderitaan bisa bersifat lahir dan bersifat batin. Setiap manusia memiliki penderitaan yang berbeda-beda.
Manusia dikatakan menderita apa bila dia memiliki masalah, depresi karena tekananhidup, dan lain lain.Jadi penderitaan adlah menjalani sesuatuyan sangat tidak menyenangkan yang dapat dirasakan oleh manusia .Jadi itulah penjelasan secara sinkat tentang penderitaan , dan apa aja sih contohnya

Berikut contoh Penderitaan antara lain :
1. Pemutusan hak kerja .
2. Kehilangan orang tua .
3. Kemiskinan.
4. Bencana.

Nah dari situ kalian masih belum ngerti kan apa penyebabnya ya ??. Nah ini dia jawabannya. Penderitaan bisa timbul dari penyakit , siksaan / adzab dari tuhan serta perbutatan kalian dilingkungan sekitar kalian (dikucilkan ,dll).
Siksaan
Siksaan atau Penyiksaan Berasal dar bahasa inggris yaitu torture digunakan untuk merujuk pada penciptaan rasa sakit untuk menghancurkan kekerasan hati korban.DariPenjelasan mengenai siksaan tersebut dinyatakan bahwa siksaan dapat menimbulkan penderitaan .NAH siksaan ada juga yg sifatnya psikis antara lain :Kebimbangan , kesepian , ketakutan .
Ketakutan
Ketakutan dalam kdari sub bab ini menjelaskan tentang phobia .apa sih phobia ??>phobia adalah suatu keadaan psikologis dimana seeorang mengalami ketakutan yg amat besar dan biasa nya org itu tersugesti menjadi takut.

Kekalutan mental
Penderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal dengan kekalutan mental. Kelalutan mental adalah gangguan kejiwaan akibat kemampuan seseorang tidak dapat menghadapi masalahya. Gejala-gejala permulaan bagi seseorang yang mengalami kekalutan mental adalah :

1. Nampak pada jasmani yang sering pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung
2. Nampak pada kejiwaanya rasa cemas, kekalutan, apatis, cemburu, mudah marah

Tahap-tahap gangguan kejiwaan adalah :

1. Gangguan kejiwaan terlihat dalam kehidupan sehari-harinya baik jasmani maupun rohani
2. Usaha mempertahankan diri dengan cara negative
3. Kekalutan merupaka titik patah dan yang bersangkutan mengalami gangguan

Sebab-sebab timbulnya kekalutan, dapat disebutkan antara lain sebagai berikut :

1. Kepribadian yang lemah
2. Terjadinya konflik social budaya
3. Cara pematangan batin

Proses-proses kelautan mental yang dialami seseorang mendorongnya kearah :

1. Positif, trauma yang dialami dapat dilewati dengan baik untuk tetap survive menjalani hidup.
2. Negative, trauma yang dialami berlarut-larut sehingga dia mengalami frustasi, yaitu tekanan batin akibat tidak tercapainya apa yang diinginkan. Bentuk frustasi antara lain :
– Agresi
– Regresi
– Fiksasi
– Proyeksi
– Identifikasi
– Narsisme
– Autism

Penderitaan dan Perjuangan

    Setiap manusia pasti mengalami penderitaan ,karena penderitaan sifatnya kodrati (setiap manusia pernah atau mengalami penderitaan). Dalam hal ini kita sebagai manusia berusaha menurangi penderitaan yg ada .Dengan begitu kita sebagai manusia dipandang oleh tuhan sebagai ciptaan yg bekerja keras atau pantang menyerah dan dipandan sesama manusia sendiri kita dipandang mampu atau keluar dari penderitaan itu sendiri .

Penderitaan, Media massa dan Seniman
      Di negara kita sendiri yaitu Indonesia didalamnya mempunyai  banyak seniman contohnya wartawan , penyiar berita , pembuat tabloid.Mereka di dalam tugas nya salah satu ada yg menyebarkan informasi penderitaan ke seluruh pelosok tanah air ataupun dunia .Sehingga masyarakat didalamnya bisa bersimpati ,berempati untuk segala penderitaan yg ada.

SUMBER :



0 komentar:

Posting Komentar