Selasa, 29 Juli 2014

SAMAN dance


Gua suka bgt tari tradisional yg satu ini. Keliatannya sih susah, tp sebenernya ga susah-susah bgt loh. Keseriusan dan konsentrai adalah hal yg penting dalam tari tradisional ini. Karna begitu banyak hal yg menuntut keseriusan dan konsentrasi didalam tarian ini. Salah satunya adalah gerakan cepat dan variasi antar seseorang yg berbeda dengan yg lainnya. jadi kita harus bener-bener serius dan konsentrasi dalam menarikan tari saman.

Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syeikh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara.Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai  Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011

Itu dia sebagian sejarah tentang tari saman. Tari saman adalah tarian yg mudah jika dilakukan dengan senang hati dan penuh keseriusan serta konsentrasi. Jika hal itu bisa kita lakukan, maka Tari saman akan menjadi tarian yg sangat indah. Buat lo yg suka bgt tari saman, cobain yoo gerakan gerakan di tari saman :D. Gua bukan anak saman di sekolah gua.. di waktu gua di MTs dan gua SMK, ga pernah ada ekskul saman, padahal gua pengen bgt. Ya jadi emg gua bukan org yg ahli tari saman, tp gua suka bgt. Karna itu gua mencoba mempelajari gerakan saman sendiri lewat video video yg gua unggah lewat internet.

Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar